Beranda | Artikel
Mempercepat Pengurusan Jenazah
Kamis, 3 Juni 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Mubarak Bamualim

Mempercepat Pengurusan Jenazah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 20 Syawal 1442 H / 1 Juni 2021 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Mempercepat Pengurusan Jenazah

Di dalam bab ini, Al-Imam An-Nawawi Rahimahullahu Ta’ala akan membawakan dua hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tentang anjuran untuk menyegerakan pengurusan jenazah. Karena memang seorang yang meninggal alangkah baiknya kalau segera diurus jenazahnya, artinya dimandikan, dikafankan, dishalatkan dan dikuburkan. Lebih cepat tentu lebih bagus, tetapi tidak tergesa-gesa.

Dua hadits yang dibawakan oleh An-Nawawi Rahimahullahu Ta’ala, yang pertama:

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

أسرعوا بالجنازة فإن تك صالحة فخير تقدمونها إليه وإن تك سوى ذلك فشر تضعونه عن رقابكم متفق عليه

“Segeralah kalian mengurusi (memandikan, mengkafankan, menshalatkan dan menguburkan) jenazah, karena jika seandainya jenazah tersebut seorang yang shalih/shalihhah, berarti kalian telah mempercepat satu kebaikan untuk jenazah tersebut. Namun jika mayat itu sekalin orang yang shalih/shalihah, berarti juga kalian telah meletakkan sesuatu yang jelek dari pundak-pundak kalian.” (Muttafaqun ‘Alaihi)

Dalam suatu redaksi yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

فخير تقدمونها عليه

“Dengan kalian mempercepat jenazah yang shalih itu, kalian telah mempercepat dia untuk memberikan suatu kebaikan yang dia akan menerima dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.”

Hadits Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu adalah sebuah bimbingan dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kepada kita semuanya untuk menyegerakan pengurusan jenazah. Hal ini dalam rangka membantu agar jenazah yang meninggal itu jika dia seorang yang shalih/shalihah, berarti kita membantu mempercepat dia mendapatkan apa yang dijanjikan oleh Allah Ta’ala dari balasan-balasan yang Allah siapkan untuknya.

Apabila jenazah itu selain yang disebutkan, artinya dia bukan seorang yang shalih/shalihah, dia seorang yang banyak berbuat dosa, maka berarti kalian telah meletakkan sesuatu yang buruk dari pundak-pundak kalian.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajiannya.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50218-mempercepat-pengurusan-jenazah/